Sunday 20 January 2013

Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer.- Jaringan Komputer adalah dua buah titik atau lebih yang saling terhubung dengan menggunakan media berupa kabel ataupun non kabel(wireless), yang bertujuan untuk mencari informasi ataupun untuk berbagi informasi.
Secara umum jaringan komputer dapat di bagi menjadi beberapa bagian yaitu :

1. LAN ( Local Area Network )
LAN adalah Jaringan komputer yang ruang lingkupnya hanya satu area. contohnya sekolah ataupun kantor. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstatioan dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik- pabrik untuk memakai sumber daya (resaource, misalnya printer) secara bersama-sama dan saling bertukar informasi. Nahh ini adalah contoh dari Jaringan LAN





2. MAN (  Metropolitan Area Network )
MAN adalah Jaringan komputer yang memiliki area kerjanya anatar kota dalam satu provinsi. MAN dapat mencakup kantor- kantor perusahaan yang terletak berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat di manfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.







3. WAN ( Wide Area Network )
Pengertian Jaringan KomputerWAN adalah Jaringan komputer yang area kerjanya ke seluruh dunia. WAN terdiri dari kumpulan mesin- mesin yang bertujuan utuk menjalankan Program-program (Aplikasi) pemakai.










4. Wireless ( Jaringan Tanpa Kabel )
Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan Tanpa Kabel merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan menggunkan kabel. Misalnya, orang yang inggin mendapatkan informasi atau komunikasi walaupun sedang berada di atas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel di perlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin di buat di dalam mbil atau pesawat. Saat ini jaringan Tanpa Kabel sudah marak di gunakan dengan meamnfaatkan jasa satelit dan mampu memberi kecepatan akses yang lebih cepat di bandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.




Semoga artikel tentang Pengertian Jaringan Komputer ini bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment